Rabu, 15 April 2015

asynchronous transmission dan synchronous transmission

Transmisi Synchronous dan Transmisi Asynchronous

A.  Transmisi Asynchronous

Asynchronous Transfer Mode  (disingkat ATM) adalah nama sebuah jaringan khusus. ATM merupakan sebuah teknologi lapisan 2, yang dapat digunakan oleh siapa saja, namun sekaligus merupakan sebuah jaringan publik sebagaimana halnya Internet, dengan sistem pengalamatan yang dikelola secara rapi, sehingga setiap perangkat di dalam jaringan dapat memiliki sebuah identitas yang unik.Merupakan aplikasi yang tidak bergantung pada waktu dimana seluruh pemakai bisa mengakses ke sistem dan melakukan komunikasi antar mereka disesuaikan dengan waktunya masing-masing, contohnya: BBS,e-mail, dsb. Transmisi Asynchronous memiliki strategi dengan cara menghindari problem yang berkaitan dengan waktu yaitu dengan tidak mengirimkan deretan bit yang panjang dan tidak putusputus. Jadi, data ditransmisikan satu karakter sekaligus, dimana setiap karakter panjangnya lima sampai delapan bit. Waktu atau sinkronisasi harus dipertahankan hanya di dalam setiap karakter; receifer memiliki peluang melakukan sinkronisasi pada permulaan setiap karakter baru.


1.  Model transmisi serial asynchronous 


Aplikasi model transmisi serial asynchronous  adalah ATM (Asynchronous Transfer Mode) yaitu sebuah pengembangan teknologi lanjutan di bidangtelekomunikasi, yang menggunakan saklar secara perangkat keras untukmembuat saluran langsung sementara antara dua tujuan, hingga data dapatpindah di kecepatan tinggi. Data dibawa dalam suatu unit dengan panjangtertentu yang disebut cell (1 cell = 53 octet).ATM merupakan interface transfer packet  yang efisien. ATM menggunakanpacket-packet dengan ukuran tertentu. Penggunaan ukuran dan format tertentuini menghasilkan skema yang efisien untuk pentransmisian pada jaringanberkecepatan tinggi.Penggunaan ATM menyebabkan diperlukannya lapisan adaptasi untukmendukung protocol-protocol transfer informasi yang tidak berbasis ATM. ATMadaption Layer (AAL) memisahkan informasi dari pemakai AAL menjadi packet-packet 48-octet untuk disesuaikan menjadi Cell ATM.ATM (Asynchronous Transfer Mode) disebut juga dengan Cell Relay, memilikikelebihan dalam hal keandalan dan ketepatan fasilitas digital modernnya dalammenyediakan
packet-switching  yang lebih cepat dibanding X.25


B.  Transmisi Synchronous

Merupakan aplikasi yang berjalan secara waktu nyata dimana seluruh pemakai bisa berkomunikasi pada waktu yang sama , contohnya: chatting,Video Conference,dsb. Pada transmisi synchronous suatu blok bit ditransmisikan dalam suatu deretanyang cukup mantap tanpa kode start dan stop.

2.  Model transmisi serial synchronous 


Merupakan salah satu aplikasi model transmisi serial synchronous  adalah Synchronous Digital Hierarchy  (SDH) yakni hirarki pemultiplekan yang berbasispada transmisi sinkron yang telah ditetapkan oleh CCITT (ITU-T). Dalam duniatelekomunikasi, rentetan pemultiplekan sinyal-sinyal dalam transmisimenimbulkan masalah dalam hal pencabangan dan penyisipan (drop and insert ) yang tidak mudah serta keterbatasan untuk memonitor dan mengendalikan jaringan transmisinya.Sebelum kemunculan SDH, standar transmisi yang ada dikenal dengan PDH(Plesiochronous Digital Hierarchi ) yang sudah lama ditetapkan oleh CCITT.Suatu jaringan plesiochronous  tidak menyinkronkan jaringan tetapi hanyamenggunakan pulsa-pulsa detak (clock ) yang sangat akurat di seluruh simpulpenyakelarnya (switching node ) sehingga laju slip di antara berbagai simpultersebut cukup kecil dan masih bisa diterima (misalnya plus/minus 50 bit atau5x10-5 untuk jaringan/kanal 2,048 atau 1,544 Mbps). SDH memiliki duakeuntungan pokok : fleksibilitas yang demikian tinggi dalam hal konfigurasi-konfigurasi kanal pada simpul-simpul jaringan dan meningkatkan kemampuan-kemampuan manajemen jaringan baik untuk payload trafic -nya maupun elemen-elemen jaringan. Secara bersama-sama, kondisi ini akan memungkinkan jaringannya untuk dikembangkan dari struktur transport yang bersifat pasif padaPDH ke dalam jaringan lain yang secara aktif mentransportasikan dan mengatur informasi.
Sumber: http://www.scribd.com/doc/34769782/Transmisi-Synchronous-Dan-Transmisi-Asynchronous#scribd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar