Rabu, 20 Mei 2015

soal mitem jaringan komputer

ujian tengah semester jaringan komputer
rabu 20 mei 2015

Nama :muhammad faisal
Nim    :14110009

1.  Jelaskan apa yang  dimaksud dengan :
     a.  Open system interconnection
     b.  TCP/IP
     c.  Topologi jaringan
     d.  Routing
     e.  Frame
JAWABAN :
a.       Open sytem interconnection adalah : suatu deskripsi abstrak mengenai desain lapisan-lapisan komunikasi dan protokol jaringan komputer yang dikembangkan sebagai bagian dari inisiatif open system interconnection (OSI). Yang didalamnya terdapat model untuk komunikasi komputer yang terdiri dari 7 layer atau lapisan.
b.      TCP/IP adalah : standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
c.       Topologi jaringan adalah : suatu  konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. Dan setiap macam topologi jaringan komputer akan berbeda dari segi kecepatan pengiriman data, biaya pembuatan, serta kemudahan dalam proses maintenance nya.
d.      Routing adalah : proses pengiriman data maupun informasi dengan meneruskan paket data yang dikirimkan  dari jaringan lainnya dan proses untuk memilih jalur yang harus dilalui oleh paket, jalur yang baik tergantung pada beban jaringan, panjang program dll.
e.       Frame adalah : sebuah satuan informasi logical yang dikirim oleh layer data link melalui sebuah medium transmisi.
2.  Jelaskan perbedaan TCP dan UDP.!
JAWABAN :
      TCP  (transmission control protocol) adalah : salah satu jenis protokol yang memungkinkan sekumpulan komputer untuk berkomunikasii dan bertukar data didalam suatu jaringan.
Sedangkan UDP (user datagram protocol) addalah : salah satu protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komuunikasi yang tidak handal,tanpa koneksi antara host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.
3.  Jelaskan arsitektur jaringan berdasarkan OSI dan TCP/IP dan jelaskan masing-masing dari layernya (layer OSI dan layer TCP/IP).!
JAWABAN :
      Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika terstruktur bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan.
Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protoklol jaringan dan metode transmisi. Model dibagi menjadi 7 layer, dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing. Tiap layer harus dapat berkomunikasi dengan layer di atasnya maupun dibawahnya secara langsung melalui serentetan protokol dan standard.
Bagian layer OSI :

a)      Physical Layer.Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan. Selain itu, level ini juga mendefinisikan bagaimana Network Interface Card (NIC) dapat berinteraksi dengan media kabel atau radio.

b)      Data-link layerBefungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame. Selain itu, pada level ini terjadi koreksi kesalahan, flow control, pengalamatan perangkat keras (seperti halnyaMedia Access Control Address (MAC Address)), dan menetukan bagaimana perangkat-perangkat jaringan sepertihubbridgerepeater, dan switch layer 2 beroperasi. Spesifikasi IEEE 802, membagi level ini menjadi dua level anak, yaitu lapisan Logical Link Control (LLC) dan lapisan Media Access Control (MAC).
c)      Network LayerBerfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.
d)     Transport LayerBerfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima. Selain itu, pada level ini juga membuat sebuah tanda bahwa paket diterima dengan sukses (acknowledgement), dan mentransmisikan ulang terhadp paket-paket yang hilang di tengah jalan.
e)      Session LayerBerfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan. Selain itu, di level ini juga dilakukan resolusi nama.

f)       Presentation LayerBerfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Protokol yang berada dalam level ini adalah perangkat lunak redirektor (redirector software), seperti layanan Workstation (dalam Windows NT) dan juga Network shell (semacam Virtual Network Computing (VNC) atau Remote Desktop Protocol (RDP)).
g)      Aplication LayerBerfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam lapisan ini adalah HTTPFTPSMTP, dan NFS.

TCP/IP adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite). Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.
Macam-Macam Layer pada TCP/IP :

a)      Physical Layer
Physical layer mendefinisikan karakteristik yang dibutuhkan hardware untuk membawa sinyal data transmisi. Hal hal seperti level tegangan, nomor dan lokasi pin interface, didefinisikan pada layer ini.
b)      Network Access Layer
Protokol pada layer ini menyediakan media bagi system untuk mengirimkan data ke device lain yang terhubung secara langsung. Dalam literatur yang digunakan dalam tulisan ini, Network Access Layer merupakan gabungan antara Network, Data Link dan Physical layer.
c)      Internet Layer
Diatas Network Access Layer adalah Internet Layer. Internet Protocol adalah jantung dari TCP/IP dan protokol paling penting pada Internet Layer (RFC 791). IP menyediakan layanan pengiriman paket dasar pada jaringan tempat TCP/IP network dibangun.
d).Transport Layer
Dua protokol utama pada layer ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP). TCP menyediakan layanan pengiriman data handal dengan end-to-end deteksi dan koreksi kesalahan.
e).Application Layer
Pada sisi paling atas dari arsitektur protokol TCP/IP adalah Application Layer. Layer ini termasuk seluruh proses yang menggunakan transport layer untuk mengirimkan data. Banyak sekali application protocol yang digunakan saat ini.
4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan IP private dan sebutkan class pada masing-masing IP private.!
JAWABAN :
     IP Private adalah suatu IP address yang digunakan oleh suatu organisasi yang diperuntukkan untuk jaringan lokal. Sehingga organisasi lain dari luar organisasi tersebut tidak dapat melakukan komunikasi dengan jaringan lokal tersebut. Contoh pemakaiannya adalah pada jaringan intranet.

Sedangkan class IP Private adalah sebagai berikut :
Kelas A : 10.0.0.0 – 10.255.255.255
Kelas B : 172.16.0.0 – 172.31.255.255
Kelas C : 192.168.0.0 – 192.168.255.255

5.  Jelaskan apa yang anda ketahui tentang :
     a. DHCP
     b. LAN
     c. WAN
     d. DNS
JAWABAN :
a.       DHCP  adalah :  layanan secara otomatis yang dapat memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya.
b.      LAN adalah : jaringan komputer yang jaringannya mencakup wilayah kecil  seperti : jaringan komputer kampus, gedung, kantor, sekolah atau yang lebih kecil.
c.       WAN adalah : jaringan komputer yang mencakup area yang besar seperti : jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara.
d.      DNS adalah : sistem berbentuk database yang akan memetakan/mengkonversikan nama host/mesin/domain ke alamat IP (Internet Protocol) dan sebaliknya.

6.  IP class 192.168.1.0/27, tentukan IP subnet, IP host pertama, IP host terakhir dan IP broadcast
JAWABAN :
kurang memahami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar